jump to navigation

Yang Baru Di Tahun Baru Januari 9, 2008

Posted by apomienowuna in Artikel.
trackback

Tak terasa waktu sudah membawa kita menapak ke tahun yang baru. Wah, apa yang sudah kita raih di tahun yang lalu? Adakah yang ingin kita ulangi? Adakah yang ingin kita perbaiki? Adakah hal baru yang ingin kita mulai? Jika ini yang ingin Anda lakukan, ide-ide berikut mungkin bisa Anda coba di tahun yang baru ini.

Mimpi Baru
Sebuah kesuksesan dimulai dari sebuah mimpi. Impian dapat sederhana, seperti membeli laptop baru sampai mimpi yang lebih tinggi lagi seperti membangun bisnis baru. Yang pasti mimpi banyak manfaatnya. Mimpi memberi motivasi bagi kita untuk bertindak. Mimpi juga memberi arah bagi kita untuk melangkah.
Mimpi merupakan “vitamin” bagi kita untuk memperkuat diri dalam menghadapi berbagai tantangan dan hambatan. Dengan berfokus pada mimpi kita menjadi bersemangat mencari tambahan pemasukan. Mimpi juga memberi kita keinginan untuk menabung guna merealisasikan mimpi. Mimpi juga memberi kekuatan dan kreativitas bagi kita untuk mangatasi masalah dan menemukan solusi.
Tanpa mimpi, tak ada harapan. Tanpa harapan, tak ada tindakan. Tanpa tindakan tak ada langkah maju. Jadi, jika Anda belum punya mimpi baru di tahun yang baru, segeralah mengambil alat tulis, dan mulailah menuliskan daftar mimpi yang ingin Anda raih.
Pilih satu atau beberapa yang benar-benar ingin Anda capai, dan bertindaklah mendekatkan diri ke arah realisasi mimpi. Di akhir tahun nanti, coba lihat kembali daftar mimpi Anda. Berapa banyak mimpi yang berhasil Anda realisasikan? Pasti asyik melihat kembali prestasi yang sudah Anda cetak.
Rencana Baru
Mimpi tanpa rencana tindakan tidaklah lengkap. Mimpi Yohanes Surya membawa putra-putri bangsa sebagai pemenang di ajang Olimpiade Fisika Internasional sudah mulai membuahkan sukses.
Semua ini tidak bergulir begitu saja. Yohanes Surya dan timnya membuat rencana terperinci dari seleksi, persiapan akademis dan nonakademis, strategi bertanding, menerjemahkan soal-soal yang harus dikerjakan peserta dari Indonesia, sampai memperjuangkan nilai peserta dari Indonesia di hadapan juri internasional.
Semua dilakukan dengan rencana matang. Rencana yang matang ini mempermudah kita meyakinkan orang-orang sekitar untuk memberikan dukungan penuh bagi kita untuk merealisasikan rencana untuk menggapai mimpi.
Rencana akan lebih mudah dibuat jika kita memiliki gambaran yang jelas dan terperinci akan mimpi yang kita ingin raih. Jadi, rencana akan tergantung pada kejelasan mimpi. Nah, jika Anda sudah mempunyai mimpi, visualiasasikan mimpi Anda dengan jelas dan terperinci, lalu mulailah menyusun rencana strategis untuk meraih sukses.
Cara Pandang Baru
Jika tadinya kita adalah seorang karyawan dan memiliki mimpi menjadi seorang pengusaha, tentunya kita perlu mengubah cara pandang kita, dari cara pandang karyawan biasa menjadi cara pandang pengusaha. Sebagai karyawan kita fokus pada kepuasan atasan, sebagai pengusaha kita perlu fokus pada kepuasan karyawan dan kepuasan pelanggan.
Sebagai karyawan sasaran usaha kita adalah penyelesaian pekerjaan dan pencapaian target yang menjadi tanggung jawab kita. Di sisi lain, sebagai pengusaha kita harus meluaskan pandangan kita, tidak hanya hal-hal yang berada dalam jangkauan keterampilan kita, tetapi yang lebih luas dari itu.
Kita perlu mempunyai pandangan multidimensi, yakni dimensi keterampilan yang kita kuasai, dimensi keuangan, pemasaran, jaringan hubungan dengan bank, investor, pelanggan, supplier, dan berbagai pihak lain yang terkait dengan bisnis yang akan kita raih, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Kebiasaan Baru
Cara pandang baru menuntut kita memiliki kebiasaan baru juga. Kebiasaan menunda pekerjaan bisa kita ganti dengan kebiasaan menyelesaikan pekerjaan tanpa penundaan. Kebiasaan datang terlambat bisa kita ganti dengan kebiasaan datang lebih awal. Kebiasaan menyelesaikan pekerjaan tanpa melakukan pengecekan kembali, bisa diganti dengan kebiasaan untuk selalu mengecek ulang hasil kerja yang telah diselesaikan. Kebiasaan bertindak tanpa rencana bisa kita ganti dengan bertindak dengan rencana. Kebiasaan-kebiasaan baru tidak harus selalu merupakan kebiasaan yang baru sama sekali, tetapi kita bisa juga mengembangkan kebiasaan-kebiasaan lama yang sudah baik tetapi lebih diperbaharui.
Kebiasaan menuntaskan pekerjaan bisa diperbaiki menjadi kebiasaan menuntaskan pekerjaan lebih awal. Kebiasaan berpikir positif bisa ditingkatkan menjadi kebiasaan berpikir positif dan kreatif.
Coba pikirkan kebiasaan-kebiasaan positif baru apa yang bisa kita kembangkan di tahun yang baru ini? Kesuksesan dapat diraih karena kebiasaan-kebiasaan sukses dari melakukan hal-hal kecil dengan baik.
Keterampilan dan Pengetahuan Baru
Perubahan merupakan bagian tak terpisahkan dari hidup manusia. Yang namanya hidup, haruslah ada perubahan. Perubahan membuat kita lebih bersemangat karena ada hal-hal baru yang kita pelajari.
Untuk itulah kita harus selalu meningkatkan diri dengan pengetahuan dan keterampilan baru setiap saat. Agar hidup terasa lebih hidup, miliki keterampilan dan pengetahuan baru. Hal itu pasti menyenangkan, karena dengan keterampilan baru, dunia baru terbuka bagi kita di depan mata kita.
Dengan belajar bahasa baru (bahasa Inggris, Prancis, Jepang, China, Thailand, Filipina, ataupun India), kita memiliki minat baru untuk melihat dunia baru, yakni adat istiadat, tempat-tempat menarik, hasil budaya, atau kesempatan berbisnis di negara-negara lain. Dengan mempelajari ilmu baru, kita memperkaya kemampuan dan keterampilan kita saat ini menjadi lebih luas, sehingga kombinasinya menjadi lebih unik.
Seorang pebisnis makanan yang memiliki keterampilan, pengetahuan, ataupun minat di bidang musik, desain interior, atau teknologi informasi bisa menjadikan bisnis rumah makannya lebih unik dengan paduan berbagai keterampilan, minat dan pengetahuan yang dimilikinya, misalnya restoran dengan nuansa musik, sentuhan teknologi, dan desain interior yang menarik. Dengan demikian bisnis restorannya tampil beda dari pesaing di bidang yang sama.
Penampilan Baru
Kadang-kadang untuk meningkatkan diri menjadi lebih baik di tahun yang baru, kita hanya perlu mengubah penampilan kita saja. Jika kita ingin menjiwai usaha dan pekerjaan yang baru, penampilan seringkali sangat membantu.
Seorang pebasket yang menjawab tantangan untuk ikut kontes menjadi seorang penari, tidak hanya harus mempelajari keterampilan baru sebagai seorang penari, cara pandang baru, tetapi juga dianjurkan pelatihnya menyesuaikan penampilannya dengan penampilan seorang penari: dari baju yang fleksibel dan luwes agar mempermudah gerak, sampai potongan rambut yang praktis dan licin agar tetap rapi ketika bergerak lincah ke sana-sini.
Note :
Hal-hal baru apa yang ingin Anda raih di tahun yang baru ini? Jika belum ada ide, mungkin Anda bisa mencoba beberapa ide yang baru saja dibahas di sini. Sukses untuk Anda.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: